Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami

Mata juling adalah kondisi saat kedua mata Anda tidak selaras. Satu mata seperti melihat ke arah lurus namun mata lainnya tidak.

Kondisi mata juling dapat terjadi pada siapa saja, namun yang paling umum terjadi pada bayi karena otot mata tidak bekerja secara seimbang dan faktor lainnya. Orang tua tidak perlu panik akrena disini ada cara mengatasi mata juling pada bayi, simak dibawah ini.

Cara mengatasi mata juling pada bayi akan lebih efektif bila dilakukan lebih awal untuk menghindari risiko komplikasi gangguan mata lainnya seperti amblyopia atau mata malas.

Berikut ini adalah beberapa pilihan perawatan untuk mata juling, yaitu:

  • Menggunakan Kacamata: Apabila mata juling disebabkan oleh rabun jauh, dianjurkan untuk menggunakan mata khusus
  • Penutup Mata: Menggunakan eye patch khusus pada mata yang tidak juling selama beberapa jam agar mata juling dapat melatih otot-otot mata
  • Tetes Mata: Tetes mata khusus yang diresepkan oleh dokter untuk mata yang tidak juling agar pandangannya kabur sehingga mata juling melatih fokusnya
  • Suntikan ke Otot Mata: Suntikan agar otot mata lemah sehingga mata tampak selaras
  • Pembedahan: Bila semua cara tidak berhasil, pembedahan mungkin dilakukan untuk mengatur kontrol dan fokus otot mata

Selain itu, cara mengatasi mata juling pada bayi yang paling dianjurkan adalah dengan melatih otot-otot mata di rumah dengan memandang satu objek.

Latihan otot mata seperti yang sudah disebutkan, latihan otot mata sangat efektif untuk mencegah mata juling pada bayi dan anak. Cara ini disebut home-based pencil pushups (HBPP) yaitu latihan fokus mata dengan melihat pensil.

Baca juga: Faktor, Gejala dan Diagnosis Bronkitis yang Mesti Anda Ketahui!

Cara melakukan latihan otot mata, sebagai berikut:

  • Pegang pensil di tengah antara mata, dengan jarak sejauh lengan
  • Pandang dan fokus selama yang Anda bisa
  • Fokuskan pandangan pada pensil ke arah hidung
  • Secara perlahan, gerakan pensil ke arah hidung ke bawah hingga gambar pensil tidak terlihat utuh lagi
  • Pegang pensil pada titik terdekat dari gambar pensil yang dapat Anda gapai
  • Bila Anda tidak dapat menggapai gambar pensil tersebut, ulangi hingga fokus mata Anda benar-benar terlatih

Sebuah studi menyatakan bahwa latihan 20 kali home-based pencil pushups (HBPP) setiap hari dapat membantu fokus mata dan menjadi metode terapi mata yang mudah dan murah namun tetap efektif.

Apabila bayi Anda memiliki gejala mata juling, Anda dapat melatihnya dengan cara tersebut. Selain itu, jangan memicu bayi melihat objek di atas atau belakang. Anda juga dianjurkan untuk memeriksakannya ke dokter apabila gejala memburuk hingga usia 6 bulan sampai 1 tahun.

Sementara itu, penyebab mata juling pada bayi tidak dapat dipastikan namun hal terbaik yang dapat dilakukan adalah memenuhi nutrisi bayi sejak di masa kehamilan sebagai tindakan intervensi awal agar bayi lahir sehat.

source: doktersehat.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2020 - RS Sukmul support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 430 1269