Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami

Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan

Kemangi Di Indonesia paling populer digunakan sebagai bahan tambahan untuk beberapa resep makanan. Hal ini terutama untuk masak ikan, karena selain dapat menghilangkan bau amis, kemangi juga akan menambah aroma sedap. Kemangi juga paling sering dipergunakan mentah untuk melengkapi saat makan lalapan. Bahkan, tanpa kemangi, lalapan seolah kehilangan jati dirinya.

Kandungan senyawa kimia pada kemangi :

Daun kemangi mengandung beberapa senyawa dan nutrisi seperti Sineol, arigin, Apigenin fenkhona, Cireol, estragol, eugenol, lineol, linalool, metha sinamat, asam caffeic, monoterpen, seskuiterpen, tannin, vitamin A , dan Vitamin C.

Berikut Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan :

1. Mengatasi Gangguan pencernaan

Tanaman kemangi memiliki manfaat untuk mengatasi masalah gangguan pencernaan, mual, infeksi usus, radang lambung, serta gas dalam usus.

2. Pengobatan Infeksi Kulit

Karena memiliki sifat anti bakteri, anti biotik dan anti jamur, daun kemangi juga dapat dipakai untuk membatasi pertumbuhan bakteri penyebab infeksi kulit. Ramuan daun kemangi yang dibuat dengan cara menggiling dan merebus 200-250 gram daun kemangi dan dicampur dengan minyak biji wijen dapat oleskan pada kulit untuk menyembuhkan gatal-gatal. Campuran daun kemangi dan jus lemon juga dapat dioleskan pada kulit untuk mengobati kurap.

3. Manfaat khusus pria

Khusus untuk pria, daun kemangi diketahui sangat bermanfaat karena adanya senyawa Sineol, arigin, Apigenin fenkhona dan Eugenol dalam daun kemangi. Senyawa ini banyak diyakini bisa membantu beberapa masalah umum pada Pria, seperti kesuburan dan gangguan libido.

4. Manfaat khusus wanita

Sementara bagi wanita, kemangi juga merupakan makanan sehat yang sangat berguna, karena kemangi mengandung zat boron anetol yang dapat merangsang hormon estrogen. Sedangkan senyawa eugenol dapat membasmi jamur penyebab keputihan. Zat Stigmaasterol dalam kemangi akan merangsang pematangan sel telur, tanin dapat mengurangi sekresi cairan pada organ intim wanita . Sementara Zat triptofan bisa menunda menopasue .

5. Baik untuk Jantung

Daun kemangi dapat membantu membersihkan darah dengan cara melepaskan racun dari dalam tubuh. Daun kemangi juga dapat membantu mengontrol tekanan darah. Kandungan antioksidan eugenol dalam kemangi membantu mengurangi kadar kolesterol dan kadar glukosa darah, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.

6. Pencegahan Jerawat

Daun kemangi bisa dimakan untuk mencegah jerawat, karena memiliki kemampuan untuk membersihkan darah. Selain itu, Kemangi juga mengandung agen anti bakteri dan anti – jamur, sehingga Anda dapat menerapkan daun kemangi yang dihaluskan untuk mencegah peradangan pada jerawat.

 

 

  1. April 26, 2020

    ternyata daun kemangi dari lemon juga dapat disulap menjadi shampo yang dapat mengurangi ketombe dan rambut rontok. yuk simak aja di link berikut ya : http://news.unair.ac.id/en/2019/10/18/creating-lemon-basil-shampoo-fkp-students-wins-silver-medal-at-2019-world-invention-technology-expo/

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2021 - RS Sukmul support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 430 1269