Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami

Dikenal sebagai buah atap, atau istilah ilmiahnya Arenga pinnata, kolang kaling umumnya berwarna transparan dan berukuran mendekati uang logam.

Kolang kaling sendiri dibuat dari biji pohon aren yang direbus selama beberapa waktu, dan setelahnya direndam dengan larutan air hingga mengalami proses fermentasi. Hasil dari proses tersebutl yang kemudian diperdagangkan di pusat-pusat perbelanjaan.

Rasanya yang khas dan segar, kolang kaling juga dipercaya memiliki berbagai manfaat kesehatan. Berikut adalah 5 Manfaat Kolang Kaling bagi Kesehatan

1. Menjaga kekuatan tulang

Kolang kaling juga merupakan sumber kalsium yang baik bagi tubuh. Kalsium dapat menjaga kesehatan tulang serta memperkuatnya, sehingga membantu mencegah osteoporosis.

2. Menunjang metabolisme tubuh

Kolang kaling dipercaya memiliki kandungan berbagai mineral, di antaranya zat besi, zink, kalium, dan kalsium. Berbagai mineral tersebut bermanfaat dalam membantu proses metabolisme yang berlangsung di dalam sel-sel tubuh. Alhasil, tubuh akan memiliki jumlah energi serta kebugaran yang cukup untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.

3. Mencegah dehidrasi

Kandungan air dan serat yang tinggi, ditambah dengan sederet vitamin dan mineral yang dimilikinya, membuat kolang kaling baik untuk membantu mencegah dehidrasi atau kekurangan cairan pada tubuh. Dengan makan kolang kaling yang menyegarkan, hal ini dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

4. Membantu mencegah anemia akibat kekurangan zat besi

Di antara berbagai mineral yang terdapat pada kolang kaling, zat besi adalah salah satunya. Zat besi merupakan komponen dari hemoglobin, yang berfungsi untuk memastikan pasokan oksigen ke berbagai jaringan tubuh melalui sirkulasi darah. Jumlah zat besi yang cukup dalam tubuh dapat mencegah terjadinya anemia.

5. Memperlancar sistem pencernaan

Karena memiliki kandungan serat yang tinggi, kolang kaling dapat membantu memperlancar sistem pencernaan. Dengan begitu, terjadinya sulit buang air besar atau konstipasi juga dapat dihindari. Selain itu, mengonsumsi kolang kaling juga diketahui dapat membantu proses pengeluaran zat beracun dari saluran pencernaan.

Kolang kaling mengandung banyak zat gizi, termasuk vitamin dan mineral seperti vitamin A, vitamin B7 (biotin), asam folat, zat besi, kalium, zink, dan sebagainya. Makanan yang satu ini juga kaya akan serat dan air. Kandungan nutrisi tersebut dapat membantu memperlancar proses metabolisme dan pencernaan tubuh.

Tapi ingat, jangan makan kolang kaling secara berlebih. Terlalu banyak menyantap makanan manis bisa memperbesar risiko Anda mengalami kegemukan dan obesitas. Batasilah konsumsinya dan lakukan pola hidup sehat lainnya.

source: klikdokter.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2019 - RS Sukmul support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 430 1269