Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami
Manfaat Minyak Kayu Putih

Inilah Manfaat Minyak Kayu Putih

Siapa yang tidak kenal dengan minyak kayu putih? Minyak satu ini acap kali kita gunakan untuk meredakan gejala masuk angin seperti perut mual, perut kembung, batuk, dan pilek.

Bahkan, tak jarang orang menggunakan minyak kayu putih untuk mengobati bekas gigitan serangga. Lantas, ada manfaat minyak kayu putih apa lagi yang perlu Anda ketahui?

Apa Itu Minyak Kayu Putih? Minyak kayu putih adalah minyak yang berasal dari proses penyulingan daun dan ranting tanaman kayu putih, tanaman asli benua Australia.

Produk minyak kayu putih sudah banyak beredar di pasaran dengan berbagai merk, dan hampir semua orang memiliki minyak ini di kotak obat.

Minyak putih dapat digunakan secara oral (diminum), dihirup, atau lazimnya dibalurkan ke tubuh, terutama di area yang mengalami gejala masuk angin seperti hidung, leher, dan perut.

15 Manfaat Minyak Kayu Putih bagi Kesehatan

Minyak kayu putih punya banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, apa sajakah itu? Berikut ini informasi manfaat minyak kayu putih yang tak terduga yang perlu Anda ketahui.

1. Meringankan Gangguan Pernapasan

Minyak kayu putih dinilai efektif guna meringankan gangguan pernapasan seperti batuk, pilek, sakit tenggorokan, sinusitis, bahkan bronkitis sekalipun. Manfaat kayu putih yang satu ini karena adanya kandungan zat anti-bakteri di dalamnya yang ampuh untuk melawan bakteri penyebab masalah pernapasan.

Selain itu, minyak kayu putih juga bersifat anti-virus, anti-mikroba, anti-jamur, anti-inflamasi, dan dekongestan sehingga memang sangat sesuai untuk mengatasi gangguan pernapasan.

Hal ini diamini oleh sebuah studi yang dirilis oleh Laryngoscope tahun 2004, di mana pasien penyakit sinusitis non-bakteri sembuh lebih cepat setelah diberi obat yang mengandung kayu putih.

2. Meredakan Sakit Kepala

Sakit kepala juga salah satu gangguan yang bisa diatasi dengan minyak kayu putih. Anda bisa mengoleskan minyak kayu putih pada leher dan dahi untuk meredakan sakit kepala yang tengah dialami saat ini.

3. Menyembuhkan Batuk dan Sakit Tenggorokan

Minyak kayu putih efektif untuk menyembuhkan batuk dan sakit tenggorokan. Anda bisa mendapatkan manfaat minyak kayu putih yang satu ini dengan cara mencampurkan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam segelas air hangat kemudian diminum.

Baca juga : Benarkah Kopi Panas Bisa Picu Kanker Esofagus?

4. Mengatasi Lelah

Tubuh yang lelah pastinya sangat tidak mengenakan, bukan? Anda bisa melakukan pijat menggunakan minyak kayu putih untuk mengembalikan kesegaran tubuh. Minyak kayu putih memiliki sifat menenangkan sehingga saat dibalurkan pada tubuh, otot-otot yang tegang bisa rileks kembali.

5. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Bagi para penderita diabetes, kayu putih dipercaya mampu mengendalikan kadar gula darah di dalam tubuh mereka. Kendati demikian, manfaat minyak kayu putih yang satu ini belum memiliki bukti medis yang kuat.

Mitos minyak kayu putih terkait diabetes lainnya adalah, minyak ini berfungsi sebagai vasodilator yang akan memperbaiki sirkulasi darah di dalam tubuh. Sebagaimana diketahui, penderita diabetes memiliki sirkulasi darah yang tidak lancar.

Anda dapat memijat tubuh dengan minyak kayu putih, atau menghirup aroma khasnya untuk membuka sumbatan pembuluh darah sehingga aliran darah akan kembali lancar.

6. Mengatasi Nyeri Sendi

Bagi Anda yang mengalami nyeri sendi, pegal-pegal, sakit pinggang, otot kaku, hingga rematik, mengoleskan minyak kayu putih diklaim efektif menghilangkan rasa tak nyaman tersebut. Sejumlah salep yang berfungsi untuk meredakan rasa nyeri pada penyakit osteoarthritis dan rematoid arthritis nyatanya juga mengandung kayu putih di dalamnya.

Pijat area yang terasa sakit atau nyeri menggunakan minyak kayu putih atau salep yang mengandung minyak kayu putih. Tunggu beberapa saat maka biasanya ras nyeri tersebut akan hilang dan otot-otot tubuh akan rileks kembali.

7. Merawat Kesehatan Gigi

Studi yang dirilis oleh Journal of Periodontology menyebutkan bahwa kayu putih efektif membasmi kuman yang ada di dalam mulut, pun mengurangi plak pada gigi. Selain itu, manfaat minyak kayu putih lainnya bagi kesehatan gigi adalah mencegah radang gusi (gingivitis), gusi berdarah, dan bau mulut.

8. Menurunkan Demam

Saat mengalami demam, salah satu cara menurunkan demam yang sering dilakukan adalah mengkompres dahi dengan handuk basah.

Nah,untuk mempercepat penurunan demam, Anda bisa menambahkan air kompresan dengan beberapa tetes minyak kayu putih. Ya, minyak kayu putih juga disebut-sebut efektif membantu menurunkan demam.

9. Menyembuhkan Luka

Kandungan bahan aktif seperti citronellal, citronellol, dan 1,8-cineole menjadikan minyak kayu putih sebagai anti-bakteri. Oleh sebab itu, dengan meneteskan atau mengoleskan minyak kayu putih pada area kulit yang terluka akan melindunginya dar infeksi bakteri.

10. Melindungi Tubuh dari Gigitan Serangga dan Kutu

Aroma minyak kayu putih yang khas dipercaya mampu membuat serangga seperti nyamuk enggan mendekati apalagi sampai hinggap di tubuh Anda.

Selain mencegah gigitan nyamuk, manfaat minyak kayu putih juga untuk mengusir kutu yang kerap hinggap di rambut. Teteskan minyak kayu puith ke kepala, lalu usap perlahan-lahan. Setelah didiamkan selama 30 menit sampai 1 jam, bilas kepala menggunakan shampoo dari air bersih.

11. Menghilangkan Bekas Jerawat

Siapa sangka, ternyata ada juga manfaat minyak kayu putih untuk wajah, lho, yakni untuk menyamarkan noda bekas jerawat pada wajah. Coba campurkan minyak kyu putih dengan gel lidah buaya (aloe vera) kemudian oleskan secara merata pada area wajah yang memiliki jerawat tersebut.

12. Mengatasi Kejang-Kejang dan Pingsan

Ada kalanya seseorang mengalami gejala kejang-kejang sampai tidak sadarkan diri. Sebagai pertolongan pertama, penderita bisa diberikan uap minyak kayu putih ke hidung atau area sekitar bibir untuk sedikit meredakan gejalanya sebelum dilakukan pertolongan medis lebih lanjut.

Baca juga : Apakah Penderita Asam Urat Tidak Bisa Makan Sayuran ?

13. Aromaterapi

Manakala Anda sedang dilanda stres atau bahkan depresi, maka menghirup aroma minyak kayu putih dipercaya akan menimbulkan rasa rileks sehingga stres bisa diatasi. Minyak kayu putih akan menghangatkan tubuh sekaligus memberikan efek tenang. Rasa cemas pun akan hilang dan Anda bisa kembali berkonsentrasi.

14. Menjaga Kesehatan Kulit

Kulit yang sehat terawat adalah dambaan setiap orang, terutama kaum hawa. Tak perlu repot-repot, ada cara merawat kulit yang snagat mudah dan tidak sampai mengeluarkan biaya besar, yakni dengan memanfaatkan minyak kayu putih.

Minyak kayu putih mengandung zat alami yang dpat berfungsi sebagai skin tonic. Tak heran, minyak ini kerap dijadikan komposisi tambahan pada produk kosmetik dan krim antiseptik.

15. Mengatasi Kulit Berminyak

Selain merawat kesehatannya, manfaat minyak kayu putih bagi kulit adalah untuk mengatasi kondisi kulit berminyak. Ini karena minyak kayu putih mengandung zat yang bersifat astringent yang berfungsi untuk menurnkan kadar minyak pada kulit.

Saat membasuh wajah, tambahkan beberapa tetes minyak kayu putih pada air yang akan digunakan untuk membasuh. Lakukan cara mengatasi kulit berminyak ini 2-3 kali sehari secara rutin.

Itu dia 15 manfaat minyak kayu putih bagi kesehatan tubuh. Walaupun ada sebagian orang yang tidak menyukai aroma minyak kayu putih.

Namun harus diakui kalau minyak ini benar-benar obat ampuh guna meredakan sejumlah gangguan kesehatan umum. Jadi, seberapa sering Anda menggunakan minyak kayu putih? Semoga bermanfaat!

Source : doktersehat.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2019 - RS Sukmul support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 430 1269