Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami

Organ hati (liver) adalah salah satu organ paling vital dalam tubuh kita. Liver punya banyak sekali fungsi, mulai dari membersihkan darah dari obat dan zat berbahaya lainnya (detoksifikasi) hingga mengendalikan sirkulasi hormon. Seperti yang dikutip dari laman vemale.com, berikut adalah 5 Gejala Liver Bermasalah:

1. Kulit dan Mata Menguning

Ketika mata atau kulit menguning, bisa jadi ini tanda penyakit kuning yang merupakan gejala malfungsi liver. Penyakit kuning biasanya membuat sistem tubuh mengumpulkan terlalu banyak bilirubin. Ketika liver tidak bisa mengeluarkan bilirubin dengan sel-sel darah lama, efeknya bisa membuat kulit dan mata jadi kekuningan.

2. Gampang Kena Alergi

Salah satu penyebab alergi adalah liver yang bekerja berlebihan. Saat zat yang masuk ke dalam aliran darah makin banyak, otak akan menganggapnya sebagai alergen dan mengeluarkan antibodi dan zat-zat yang bisa menyebabkan ruam-ruam gatal. Sedangkan kalau liver berfungsi dan bekerja dengan baik, darah akan dibersihkan dan bebas dari molekul-molekul berbahaya.

3. Berat Badan Naik

Sudah berusaha olahraga rutin dan menjaga pola makan tapi berat badan terus naik? Bisa jadi penyebabnya karena liver tidak berfungsi dengan baik. Ketika liver tak bisa menyaring dan mengeluarkan semua racun dari dalam tubuh, maka terjadi penumpukan racun di sel-sel lemak. Sehingga membuat berat badan naik dan susah dikontrol.

4. Bengkak di Area Kaki dan Pergelangan Kaki

Coba cek apakah area kaki, paha, hingga pergelangan kakimu bengkak. Ketika liver bermasalah, salah satu efeknya adalah menyebabkan hipertensi. Akibatnya bisa menyebabkan pembengkakan di area kaki. Meski tidak terasa sakit, kika mengalami pembengkakan ini sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

5. Nyeri di Area Kanan Perut Bagian Atas

Merasa nyeri di area kanan perut bagian atas bisa jadi tanda livermu bermasalah. Nyerinya bisa tumpul juga tajam. Ketika liver terkena penyakit, maka tidak bisa berfungsi dengan efisien. Malah bisa bengkak dan tubuh menunjukkan tanda-tanda keracunan karena fungsi liver adalah membantu proses detoksifikasi tubuh.

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2021 - RS Sukmul support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 430 1269