Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami

Apa itu Depresi Seasonal Affective Disorder? Berikut Penjelasannya

Kematian artis k-pop Jonghyun SHINee dipicu dari depresi yang sangat menyedihkan. Personel SHINee yang terbilang paling banyak penggemarnya ini, ternyata pernah mengutarakan jenis depresi yang dialaminya.

Dalam sebuah wawancara dengan Blue Night Radio pada 2016, Jonghyun mengakui mengidap seasonal affective disorder (gangguan afektif musiman) atau yang disingkat dengan SAD. Hal ini diketahui dari sepenggal kalimat yang diucapkannya.

“Aku rasanya semakin lebih sensitif. Aku jadi sering menangis. Mungkinkah ini karena lagi musim gugur?” (Jonghyun SHINee lantas menyebutkan, ia memiliki gangguan afektif musiman).
SAD merupakan salah satu jenis depresi ringan yang biasa terjadi di negara-negara empat musim.

Gejala SAD meliputi kelesuan, sulit tidur, lesu di pagi hari, suasana hati yang tertekan, menarik diri dari lingkungan sosial, mudah marah, dan gampang tersinggung. SAD umumnya terjadi di akhir musim gugur atau awal musim dingin. Seperti yang dilansir dari laman Fox News.

Istilah SAD juga dikenal dengan sebutan depresi onset musim dingin (winter-onset depression). Gejala depresi ini akan menghilang saat ada lebih banyak cahaya matahari di musim semi dan musim panas. Untuk menghilangkan depresi SAD, orang yang bersangkutan bisa menjalani terapi cahaya atau terapi ultraviolet.

source: health.liputan6.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2019 - RS Sukmul support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 430 1269