Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami

Kondisi badan lemas dan letih dapat mengganggu performa saat beraktivitas. Dengan padatnya aktivitas harian, tak ada yang ingin memulai hari dengan badan lemas. Tunda dulu minum bercangkir-cangkir kopi, minuman berenergi, atau makan energy bar, karena ada beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi untuk mengatasi badan lemas.

Banyak orang yang tidak tahu bahwa terlalu sering mengonsumsi makanan siap saji dan berpengawet dalam jangka panjang dapat menyebabkan badan lemas. Menyimpan dan menyiapkan menu makanan dari bahan-bahan yang segar memang butuh usaha dan kedisiplinan lebih. Namun demikian, percayalah bahwa manfaatnya bagi tubuh jauh lebih banyak.

Bahan makanan yang fresh tentu lebih kaya akan gizi terbaik yang berasal dari bahan tersebut. Tentu sangat berbeda jika dibandingkan dengan makanan olahan dan kemasan. Jenis makanan berpengawet dapat kehilangan gizinya karena sudah melalui proses pengolahan dan pengawetan. Daripada mengonsumsi buah kalengan, lebih baik beli buah-buahan yang sedang musim, karena biasanya buah matang dan manis secara alami.

Berikut adalah 5 jenis makanan ysng bisa bantu atasi badan lemas:

1. Quinoa

Selain biji chia, quinoa juga merupakan salah satu bahan makanan yang saat ini banyak dimanfaatkan sebagai pengganti nasi. Quinoa kaya akan protein, serat, dan zat besi sehingga dapat menjadi salah satu pilihan makanan untuk menangkal badan lemas.

Anda dapat mengolah quinoa menjadi makanan asin atau makanan manis serupa dessert seperti puding dan muffin. Anda juga dapat mengombinasikan quinoa dengan makanan sehat lainnya, seperti ikan roa atau sesederhana menjadikannya sebagai pengganti nasi.

2. Pisang

Peneliti telah banyak membandingkan khasiat pisang dalam menyuplai energi dengan pemasok energi lain seperti minuman berenergi. Hasilnya? Salah satu penelitian pada pembalap sepeda menemukan bahwa pisang dapat menghasilkan energi yang setara dengan minuman energi. Lebih aman dan alami tentunya.

Pisang kaya akan potasium, serat, berbagai vitamin, dan jumlah karbohidrat yang tepat untuk mendongkrak stamina Anda dan menangkal badan lemas. Untuk sarapan sebelum memulai aktivitas, pisang dapat menjadi pilihan yang mudah, lezat, dan dapat Anda andalkan sebagai salah satu sumber energi.

3. Gandum utuh

Ganti sumber karbohidrat kompleks Anda seperti nasi dengan gandum utuh atau whole wheat. Substitusi ini akan menjauhkan Anda dari rasa lemas setelah makan seperti saat sehabis makan nasi. Selain memberikan pasokan energi, konsumsi gandum utuh juga dapat menyehatkan saluran cerna karena kandungan seratnya yang tinggi.

Gandum utuh dapat Anda temukan pada roti, sereal, dan berbagai bahan makanan lainnya. Jangan lupa untuk memperhatikan label kemasan supaya tidak keliru dengan produk gandum lainnya.

4. Biji chia

Sudahkah Anda berkenalan dengan chia seeds atau biji chia, yang merupakan salah satu bahan makanan kekinian saat ini? Sebagian masyarakat kini menjadikan biji chia sebagai bahan pengganti makanan utama mereka, dengan mengikutsertakan biji chia ke dalam berbagai menu makanan.

Biji chia memiliki rasio tepat protein, lemak, dan serat untuk mendongkrak energi Anda. Efek yang ditimbulkan dari mengonsumsi biji chia berbeda dari karbohidrat atau sumber gula lainnya. Konsumsi biji chia tidak menyebabkan adanya sugar crash, atau timbulnya efek lemas layaknya setelah makan makanan tinggi karbohidrat seperti nasi.

Biji chia juga mampu menyerap air hingga 10 kali beratnya. Kelebihan ini tentu akan membantu tubuh Anda mencukupi dan mempertahankan kandungan cairan, yang sangat berpengaruh terhadap stamina tubuh.

5. Oatmeal

Oatmeal merupakan satu lagi produk gandum yang dapat Anda konsumsi untuk mengatasi badan lemas. Lebih dikenal sebagai menu sarapan, kini oatmeal sudah banyak dikonsumsi dalam berbagai cara, termasuk sebagai pengganti nasi yang dimakan bersama lauk-pauk pada umumnya.

Oatmeal kaya akan serat dan mengandung cukup protein untuk menjaga Anda tetap berenergi. Oatmeal juga memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga menjadikannya aman untuk Anda yang memiliki penyakit metabolik seperti diabetes. Anda yang memiliki risiko penyakit jantung juga dianjurkan untuk mengonsumsi ini.

Mengatasi badan lemas tak harus buru-buru dengan mengonsumsi kafein, minuman berenergi, atau obat-obatan seperti suplemen. Anda dapat mencegah dan mengatasi badan lemas lewat apa yang ada di piring Anda: makanan bergizi seperti yang sudah disebutkan di atas. Kurangi dan hindari makan makanan olahan, siap saji, dan berpengawet. Pastikan juga untuk melakukan aktivitas fisik dengan berolahraga secara rutin dan istirahat dengan cukup.

source: klikdokter.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2021 - RS Sukmul support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 430 1269