Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami
Manfaat dan Cara Berhenti Merokok

Manfaat dan cara berhenti merokok. Merokok adalah kebiasaan yang buruk. Merokok menyebabkan kerusakan pada hampir setiap organ dalam tubuh dan secara langsung menjadi penyebab atas sejumlah penyakit berbahaya. Kebiasaan merokok harus segera dihentikan. Terdapat berbagai manfaat berhenti merokok bagi kesehatan.

Manfaat Berhenti Merokok

Menurut data dari BMC Medicine, penelitian dari 200.000 orang membuktikan bahwa 67% perokok meninggal karena penyakit yang berkaitan dengan rokok. Persentase tersebut jauh lebih tinggi dari perkiraan dokter sebelumnya.

Untuk menghindari bahaya rokok, sangat dianjurkan untuk berhenti merokok secepat mungkin. Berikut ini adalah manfaat berhenti merokok bagi kesehatan, yaitu:

1. Melancarkan Sistem Pernapasan

Kebiasaan merokok dalam kurun 9 bulan meningkatkan aktivitas paru-paru sebanyak 10% dari kondisi normal. Saat Anda berhenti merokok, maka sistem pernapasan akan lebih lancar dan batuk lebih sedikit daripada seorang perokok.

Baca juga: Bangun Pagi Terasa Lemas? Ini Penyebabnya

Jika sekarang Anda berusia 20 atau 30an, efek samping rokok mungkin belum terasa. Namun, cobalah Anda berolahraga atau berlari satu putaran saja maka Anda akan merasakan nafas Anda mudah tersengal. Bahaya merokok bagi pernapasan umumnya baru terasa saat usia bertambah.

2. Menambah Energi

Efek berhenti merokok bagi kesehatan adalah Anda jadi punya lebih banyak energi di tubuh Anda. Dalam kurun waktu 2 sampai 12 minggu setelah Anda berhenti merokok, Anda akan merasakan sirkulasi darah lancar, oksigen di tubuh meningkat, dan menjadi tidak cepat lelah.

Energi Anda menjadi lebih kuat untuk aktivitas sehari-hari dan juga olahraga seperti berjalan atau berlari. Berhenti merokok juga menambah sistem kekebalan tubuh agar lebih kuat dalam melawan penyakit umum seperti flu, pilek, dan sakit kepala.

3. Kehidupan Seksual Lebih Prima

Berhenti merokok berarti Anda meningkatkan sensitivitas di tubuh Anda. Penelitian membuktikan bahwa laki-laki yang tidak merokok akan mengalami ereksi yang lebih baik sehingga wanitanya akan merasa lebih bahagia dan mudah terangsang.

Penelitian lainnya juga mengungkapkan bahwa laki-laki yang tidak merokok memiliki karisma 3 kali lebih menawan daripada laki-laki yang merokok. Wanita juga seringkali terganggu dengan bau dan asap rokok karena itu mereka lebih memilih laki-laki yang tidak merokok.

Salah satu tips untuk mendapatkan kehidupan seksual yang lebih baik mungkin bisa dimulai dari kebiasaan tidak merokok atau menguranginya sedikit demi sedikit. Itulah manfaat merokok bagi kesehatan seksual Anda.

4. Meningkatkan Kesuburan

Wanita yang tidak merokok akan lebih mudah untuk hamil dan mengurangi resiko keguguran. Manfaat berhenti merokok bagi wanita adalah lapisan rahim akan lebih kuat dan dapat membuat sperma lebih berkualitas.

Tidak merokok saat hamil juga meningkatkan peluang janin Anda sehat, karena ada ratusan bahan kimia di dalam rokok yang tidak hanya berbahaya bagi tubuh Anda namun bagi janin yang baru berkembang juga.

5. Mengurangi Stres

Beberapa perokok mungkin mengatakan alasan mereka merokok adalah untuk mengurangi stres, padahal tidak. Perokok hanya mensugesti dirinya sendiri bahwa merokok membuat mereka lebih bahagia.

Faktanya, berhenti atau sekadar mengurangi nikotin di tubuh dapat mengurangi stres yang selama ini Anda rasakan. Hasil studi mengungkapkan bahwa orang yang berhenti merokok dan menggantikan kebiasaan merokok dengan aktivitas lain yang lebih menyenangkan mampu mengurangi rasa stres.

Nikotin dalam rokok membuat sel otak terganggu dan Anda jadi stres. Anda dapat mengganti rokok dengan buah, permen, atau coklat yang menghasilkan hormon endorfin untuk membuatmu bahagia.

Baca juga: Mitos Pada Paru – Paru Basah! Simak Penjelasannya

6. Memperlambat Penuaan Wajah

Tahukah Anda manfaat berhenti merokok adalah membuat Anda terlihat lebih muda? Kandungan nikotin dan ratusan zat kimia lainnya di rokok membuat kulit Anda jadi kusam dan wajah Anda terlihat tidak sehat.

Kebanyakan perokok memiliki wajah pucat dan tak bersemangat. Penelitian membuktikan bahwa berhenti merokok dapat mengurangi keriput, kerutan, dan Anda jadi terlihat lebih segar.

7. Memperbaiki Kesehatan Gigi

Nikotin membuat gigi Anda jadi kuning walaupun Anda sudah melakukan perawatan gigi yang benar. Manfaat berhenti merokok juga dapat mengurangi resiko penyakit gusi dan gigi. Gigi Anda juga akan menjadi bersih tanpa noda kuning lagi setelah berhenti merokok.

8. Mengurangi Resiko Sakit Jantung

Salah satu dari banyak penyakit serius yang disebabkan karena merokok adalah sakit jantung. Pembuluh darah seorang perokok aktif akan menyempit dalam waktu yang lama, hal ini menyebabkan serangan jantung, stroke, dan angina.

Berhenti merokok dapat mengurangi risiko penyakit jantung dengan catatan harus tetap menjaga pola hidup sehat. Setelah 10 tahun berhenti merokok, risiko penyakit jantung Anda akan sama dengan seseorang yang sama sekali belum pernah merokok.

9. Meningkatkan Kesehatan Paru-Paru

Satu dari bahaya merokok adalah kanker paru-paru. Studi mengungkapkan bahwa 9 dari 10 orang yang terkena kanker paru-paru adalah mereka yang merokok. Kanker paru-paru juga menjadi penyebab kematian paling banyak di dunia.

Efek berhenti merokok dapat mengurangi risiko terkena kanker paru-paru, namun Anda tetap butuh waktu bertahun-tahun untuk menetralkan paru-paru Anda dari berbagai zat berbahaya di rokok. Semakin cepat berhenti merokok, akan semakin baik untuk kesehatan paru-paru Anda dan orang-orang sekitar.

10. Membuat Anda Lebih Wangi

Perokok memiliki aroma tubuh seperti asap rokok mulai dari pakaiannya, rambutnya, dan bau mulut. Manfaat berhenti merokok adalah Anda menjadi lebih wangi, tidak bau rokok, dan itu pasti membuat penampilan Anda lebih baik.

11. Mengembalikan Indera Perasa Anda

Tembakau mengandung banyak sekali zat berbahaya yang akan membuat indra perasa Anda jadi tidak berfungsi semestinya atau jadi tidak peka terhadap rasa. Saat Anda berhenti merokok, Anda akan merasakan makanan dengan lebih baik.

12. Panjang Umur

Menurut penelitian, perokok yang sudah lama memiliki risiko lebih banyak terkena berbagai penyakit berbahaya seperti kanker paru-paru, kanker hati, dan bronkitis akut. Manfaat berhenti merokok akan meningkatkan potensi hidup panjang umur.

Berhenti merokok juga akan meningkatkan kualitas hidup Anda menjadi lebih sehat dan bahagia. Tidak ada kata terlambat untuk melakukan hal baik. Anda bisa berhenti merokok secepatnya dan hidup lebih baik.

13. Menjaga Orang-Orang Tercinta

Bahaya rokok bukan hanya mempengaruhi kesehatan Anda, tapi juga keluarga dan orang terdekat Anda. Asap rokok lebih berbahaya daripada rokok itu sendiri. Banyak sekali perokok pasif yang terkena kanker bahaya karena menghirup asap rokok dalam jangka waktu lama.

Napas dari perokok juga ternyata berbahaya dan yang menghirupnya dapat berisiko terkena masalah pernapasan dan asma. Terlebih lagi jika Anda merokok di sekitar anak-anak, Anda bukan hanya mengancam hidup Anda sendiri tapi juga orang-orang sekitar yang menghirup asap rokok Anda.

Manfaat berhenti merokok yang paling harus Anda pikirkan adalah ini dapat menolong orang-orang tercinta Anda dari ancaman kesehatan yang diakibatkan dari rokok Anda.

Baca juga: Cokelat Bisa Cegah Penyakit Jantung

14. Hemat

Harga 1 pak rokok sekitar Rp15.000-20.000 bahkan ada beberapa merk dagang rokok yang harganya lebih dari Rp.20.000. Umumnya perokok menghabiskan minimal setengah pak rokok per hari.

Anda bisa menghitung berapa banyak uang yang Anda habiskan dalam satu bulan untuk beli 1 pak rokok per hari. Anda dapat menghemat uang sekitar Rp450.000-600.000 per bulan jika Anda berhenti merokok hari ini.

Cara Berhenti Merokok

Berikut ini adalah cara berhenti merokok yang diharapkan dapat membantu Anda, yaitu:

  • Buat deadline Anda sendiri tentang berapa lama Anda harus berhasil tidak merokok.
  • Beri tahu keluarga, teman, dan orang-orang sekitar Anda bahwa Anda ingin berhenti merokok.
  • Ganti rokok dengan permen atau coklat.
  • Bersihkan rumah, ruang kerja, kamar, mobil, dan semua tempat Anda dari rokok.
  • Kuatkan niat Anda untuk benar-benar berhenti merokok dan buat antisipasi lain jika Anda tak tahan untuk merokok.
  • Konsultasi dengan dokter.

Terdapat banyak sekali manfaat merokok yang akan Anda rasakan. Berhenti merokok mungkin sangat sulit namun Anda akan mengetahui bahwa itu akan sangat bermanfaat bagi Anda dan orang-orang sekitar. Semoga artikel kesehatan ini dapat membantu Anda untuk berhenti merokok.

source: doktersehat.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2019 - RS Sukmul support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 430 1269