Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami

Banyak orang yang berpikir jika kesemutan hanya terjadi karena terhentinya aliran darah akibat salah satu bagian tubuh tertekan atau berada dalam posisi yang tidak nyaman. Padahal, beberapa jenis kesemutan, khususnya yang terjadi di bagian tangan bisa jadi adalah gejala dari masalah kesehatan yang lebih serius seperti sebagai berikut.

  1. Kurangnya asupan vitamin B

Vitamin B ternyata memiliki peran besar bagi kinerja sistem saraf tubuh. Karena alasan inilah jika sampai kita kekurangan asupan vitamin ini, maka sistem saraf akan mengalami gangguan, termasuk memicu datangnya kesemutan.

  1. Terkena carpal tunnel syndrome

Penyakit carpal tunnel syndrome kerap dialami oleh mereka yang terbiasa memakai laptop atau gadget dalam waktu yang lama. Tak hanya kesemutan, gejala yang ditimbulkan oleh penyakit ini adalah rasa nyeri, mati rasa, atau kebas. Kondisi ini dipicu oleh terjepitnya saraf pada pergelangan tangan yang disebabkan oleh kebiasaan memakai tangan dalam posisi yang sama dalam waktu yang lama berulang-ulang.

Baca juga: Pengobatan Sederhana Pada Sinusitis

  1. Diabetes

Jangan salah, salah satu penyakit paling mengerikan dan memakan banyak korban di tanah air ini ternyata juga menimbulkan tanda berupa kesemutan. Hal ini disebabkan oleh tidak terkontrolnya kadar gula dalam darah yang bisa memicu gejala tersebut atau gejala lain layaknya kram dan kebas pada tangan.

  1. Gangguan hipotiroidisme

Gangguan hipotiroidisme membuat kelenjar tiroid tak lagi mampu menghasilkan hormon tiroid dengan cukup dan menyebabkan gejala seperti tangan kesemutan, tubuh yang mudah lelah, berat badan naik drastis, kulit kering, dan kerontokan rambut.

Jika kesemutan kerap terjadi pada tangan dan berlangsung dalam waktu yang cukup lama, jangan ragu untuk segera memeriksakan kondisi tersebut ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat.

source: doktersehat.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2019 - RS Sukmul support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 430 1269