Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami

Kanker usus besar adalah penyakit kanker yang menyerang organ usus besar (kolon). Sama seperti jenis kanker pada umumnya, kanker usus besar terjadi ketika sel-sel yang ada pada organ pencernaan tersebut mengalami mutasi sehingga sel-sel yang seharusnya menunjang fungsi usus besar justru malah berbalik menyerangnya dan merusak jaringan serta organ di sekitarnya.

Pengobatan Kanker Usus Besar

Metode penyembuhan yang dilakukan pada kanker usus besar stadium awal yaitu operasi pembedahan untuk mengangkat polip yang mengandung sel kanker.

Akan tetapi, jika polip sudah berhasil diangkat ketika dokter melakukan prosedur kolonoskopi, tindakan lebih lanjut tidak perlu dilakukan karena hampir dipastikan sel kanker juga ikut terangkat.

Baca juga: Faktor, Gejala dan Diagnosis Bronkitis yang Mesti Anda Ketahui!

Tindakan operasi lanjutan juga kemungkinan dibutuhkan dalam kondisi-kondisi seperti berikut:

  • Sel kanker terletak di tepi polip sehingga perlu prosedur khusus untuk mengangkatnya
  • Polip tidak bisa diangkat sepenuhnya pada saat kolonoskopi
  • Polip tersebar di beberapa area usus besar

Sementara untuk kanker yang tidak dalam polip, operasi kolektomi parsial untuk menghilangkan bagian usus besar yang terserang kanker dan kelenjar getah bening di sekitarnya merupakan pengobatan standar.

Peluang kesembuhan kanker usus besar stadium awal, beruntunglah bagi para penderita kanker usus besar stadium I jika penyakit yang dideritanya ini cepat terdeteksi dan tertangani. Pasalnya, peluang kesembuhan kanker usus besar stadium ini masih sangat tinggi.

Sebagaimana dilansir dari Medicine.net, kanker kolorektal stadium awal memiliki peluang kesembuhan (survival rates) sebesar 80 – 95 persen. Akan tetapi, hal ini juga harus didukung oleh penanganan medis yang baik oleh dokter.

Pencegahan Kanker Usus Besar

Tak bisa dipungkiri, gaya hidup turut memainkan peran penting dalam meningkatkan risiko kanker usus besar. Guna mencegah—atau setidaknya meminimalisir—penyakit ini datang kepada Anda, lakukan sejumlah tips berikut:

  • Rutin melakukan medical check up (MCU)
  • Mengonsumsi makanan bergizi (buah, sayuran, dsb.)
  • Rajin berolahraga
  • Menjaga berat badan tetap ideal
  • Hindari kebiasaan merokok
  • Hindari kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol

source: doktersehat.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2020 - RS Sukmul support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 430 1269