Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami

Buah tidak hanya segar dan mengganjal lapar, tapi juga menjadi camilan sehat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda. Meski begitu, Anda mungkin tahu bahwa sebagian besar buah tinggi gula.

Walaupun yang terkandung adalah gula alami, gula darah tetap bisa naik. Maka jika Anda memiliki diabetes, penting untuk memilih buah yang baik. Yuk, lihat beberapa daftar buah yang aman untuk pengidap diabetes berikut ini.

Meski semua buah punya nutrisi yang menyehatkan tubuh. Tidak semua buah direkomendasikan untuk penderita diabetes. Dari begitu banyak pilihan buah di luar sana, ada beberapa buah yang aman untuk pengidap diabetes, di antaranya:

1. Apel

Salah satu buah untuk diabetes yang paling mudah ditemui di toko buah adalah apel. Banyak orang percaya bahwa rutin makan apel setiap hari bisa membuat Anda terhindar dari berbagai macam penyakit.

Satu buah segar yang baik untuk pengidap diabetes ini mengandung 21 gram karbohidrat dan 77 kalori. Apel juga kaya akan serat dan merupakan sumber vitamin C yang baik untuk tubuh.

Selain itu, buah yang baik untuk pengidap diabetes ini juga mengandung indeks glikemik yang cukup rendah, yaitu dibawah 55.

Jika malas mengupas kulit apel, tidak usah khawatir. Memakan buah yang baik untuk pasien diabetes sekaligus dengan kulitnya ini karena justru lebih baik, karena kandungan nutrisi dan antioksidannya jadi lebih tinggi.

Baca juga: Penyebab dan Cara Mencegah Keguguran

2. Jeruk

Jeruk merupakan pilihan buah untuk diabetes lainnya. Selain kaya akan vitamin C, jeruk ternyata masuk dalam daftar buah dengan indeks glikemik yang rendah.

Ya, jeruk memiliki indeks glikemik di bawah 55, sehingga menjadikannya sebagai salah satu buah untuk diabetes yang baik dikonsumsi.

Selain itu, buah yang baik untuk pengidap diabetes ini kaya akan asam folat dan kalium yang dapat membantu menormalkan tekanan darah. Selain jeruk, Anda juga bisa mengonsumsi beragam buah sitrus lainnya, seperti lemon dan jeruk bali (grapefruit).

3. Kiwi

Kiwi memiliki daging buah berwarna hijau terang yang sangat indah. Buah lezat satu ini merupakan sumber kalium, serat, dan vitamin C yang baik untuk tubuh.

Kiwi adalah salah satu buah yang wajib dikonsumsi untuk penderita diabetes. Kombinasi kandungan serat, air, dan nilai indeks glikemiknya yang rendah dapat memperlambat laju penyerapan glukosa yang berasal dari makanan lain.

Selain aman untuk gula darah, buah ini juga jadi pilihan menu diet penurunan berat badan sehingga sangat cocok untuk pasien diabetes. Perlu diketahui bahwa satu buah kiwi besar mengandung sekitar 56 kalori dan 13 gram karbohidrat.

4. Alpukat

Kebanyakan orang mengira buah alpukat harus dihindari para diabetesi karena kandungan lemaknya tinggi. Faktanya, alpukat justru termasuk buah yang aman dikonsumsi untuk penderita diabetes

Lemak yang terkandung dalam alpukat adalah lemak tak jenuh yang justru baik untuk mengendalikan gula darah ke kadar normalnya. Buah yang baik untuk penderita diabetes ini juga bisa meningkatkan kinerja hormon insulin dengan menciptakan rasa kenyang setelah dimakan.

Selain itu, buah legit ini juga bermanfaat untuk menurunkan risiko sindrom metabolik yang menjadi pemicu utama diabetes. Cara menyajikan buah yang sehat untuk pasien diabetes ini pun bervariasi. Anda bisa mengonsumsinya secara langsung, dibuat salad, selai, atau isian sandwich.

5. Mangga

Mangga adalah salah satu buah yang tumbuh subur di Indonesia dan aman untuk penderita diabetes. Buah yang memiliki daging berwarna kuning ini kaya akan kandungan vitamin A serta vitamin C yang baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh pasien diabetes.

Tak hanya itu, mangga juga juga mengandung mangiferin yang dapat membantu mengurangi kadar gula pada tubuh. Buah yang baik untuk pasien diabetes ini juga tinggi serat sehingga dapat membantu menjaga fungsi pencernaan agar bekerja lebih optimal.

Selain aman untuk penderita diabetes dan manfaatnya melimpah, buah ini juga mudah diolah. Anda bisa mengonsumsi mangga dengan memakannya langsung atau dijadikan rujak bersama berbagai buah lainnya.

source: hellosehat.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2020 - RS Sukmul support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 430 1269