Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami
Haruskah Rutin Mencuci Botol Isi Ulang

Haruskah rutin mencuci botol isi ulang, makin banyaknya kepedulian soal limbah plastik membuat minat untuk menggunakan botol minum isi ulang meningkat. Namun jangan salah kaprah soal merawat kebersihannya.

Kadang ada beberapa orang yang mengabaikan mencucinya terlalu sering. Padahal jika tidak dibersihkan dengan baik, kuman, bakteri, jamur dan virus bisa dengan mudah muncul di kelembaban.

“Kuman-kuman ini dapat mengontaminasi air dalam botol isi ulang kita yang sehat, terutama saat kita meninggalkannya dalam keadaan terbuka saat tidak sedang meminumnya,” tutur ahli mikrobiologi dari William Paterson University.

Baca juga: Inilah Yang Menjadi Kebiasaan Merusak Mata Kita

Cucilah botol minum isi ulangmu sekali sehari. Biasakan untuk mengosongkan botol minummu di malam hari dan cuci lah dengan air dan sabun cuci piring, lalu bilas dengan seksama agar tak menyisakan sabun.

Mengapa harus sering? Saat kita meminum dari botol, ujung botol mendapatkan sisa dari apa saja yang berada di mulut dan bibirmu. Partikel makanan dari mulut bisa masuk ke dalam air, yang nantinya bisa menyebabkan produksi bakteri di air jika tidak dibersihkan dengan benar.

Oleh karena itu sangat direkomendasikan untuk tidak membagi botol air minummu dengan orang lain, terutama saat sedang sakit. Jangan tinggalkan botol di lingkungan yang lembab, karena bakteri dan lain-lain menyenangi air dan suhu hangat.

Bisa jadi botol minum yang seharusnya sehat ini malah memberikanmu masalah kesehatan seperti demam, flu dan beberapa infeksi baik yang umum maupun yang serius. Dan jangan pernah mencampur air yang baru dengan air segar di dalam botol minummu.

Baca juga: Waktu Terbaik Minum Kopi

Itulah penjelasan tentang keharuskah rutin mencuci botol isi ulang karena kalo tidak di cuci takut ada kuman atau sebagainya yang bersarang di botol minuman kita. Ayo, kita bersihkan botol minumannya. Terima kasih

Source: health.detik.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2022 - RS Sukmul support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 430 1269