Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami

Perlu Anda juga perlu tahu bagaimana cara untuk mencegahnya. Dengan mengeetahui cara untuk mencegah batu ginjal, maka kita akan mengurangi resiko terkena penyakit yang satu ini.

Berikut adalah Tips Mencegah Risiko Penyakit Batu Ginjal:

1. Mengurangi konsumsi makanan mengandung oksalat

Ini khusus bagi Anda yang pernah terkena batu kalsium oksalat. Ada banyak makanan tinggi oksalat yang harus Anda kurangi, seperti aneka produk kedelai, kacang-kacangan, ubi jalar, bayam, cokelat, dan teh.

2. Mengurangi konsumsi garam dan protein hewani

Terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan kadar garam tinggi dan protein hewani akan meningkatkan resiko terjadinya batu ginjal. Hal ini karena makanan-makanan tersebut akan menyebabkan tingginya kadar garam di dalam urin sehingga hal itu dapat mengendap dan mengkristal.

Oleh karena itulah, cara yang paling aman untuk memenuhi kebutuhan protein tubuh adalah dengan mengganti protein hewani dengan protein nabati. Meskipun tidak ada larangan bagi Anda untuk mengonsumsi makanan protein hewani. Tapi khusus bagi Anda yang pernah mengalami penyakit yang satu ini, makanan dengan kandungan protein nabati akan jauh lebih aman untuk tubuh Anda.

3. Suplemen kalsium

Pada umumnya kandungan kalsium dalam makanan cukup aman untuk dikonsumsi. Hal itu karena kadar kalsium tersebut sesuai dengan kebutuhan tubuh. Tapi berbeda dengan kandungan kalsium yang ada di dalam sebuah suplemen. Untuk itulah, berhati-hatilah dengan suplemen kalsium yang Anda konsumsi karena hal ini dapat meningkatkan resiko munculnya batu ginjal.

Seperti telah dijelaskan pada poin penyebab batu ginjal di atas, bahwa tingginya kadar kalsium dalam urin sehingga menyebabkan timbulnya batu ginjal kalsium. Untuk itulah, konsultasikan kepada dokter sebelum Anda memutuskan untuk memakai suplemen kalsium tertentu.

4. Konsumsi air putih

Jika pada umumnya orang dianjurkan untuk mengkonsumsi air putih antara 8 – 10 gelas perhari, maka bagi seorang yang pernah mengalami batu ginjal diharuskan untuk mengkonsumsi air putih 2.5 liter perharinya. Untuk mengetahui apakah kebutuhan cairan tubuh Anda sudah cukup atau belum, Anda cukup melihat urin Anda. jika urin berwarna bening dan tidak pekat, maka artinya kebutuhan cairan Anda sudah terpenuhi.

5. Obat-obatan

Saat ini ada banyak jenis obat yang bisa Anda konsumsi untuk menghancurkan batu ginjal, baik yang bersifat herbal maupun dengan resep dokter. Meskipun begitu, apapun sifat dan jenis obatnya sebaiknya sebelum dikonsumsi konsultasikan kepada dokter lebih dahulu. Hal ini untuk menghindari efek samping yang mungkin saja ditimbulkan oleh penggunaan obat-obatan tersebut.

Beberapa langkah pencegahan batu ginjal di atas dapat Anda lakukan demi untuk menghindari penyakit yang satu ini. dengan menerapkan pola hidup yang sehat, seperti konsumsi air putih yang cukup, konsumsi makanan secara seimbang, dan menjaga asupan gizi, dan berkonsultasi kepada dokter sebelum menggunakan obat-obatan tertentu dapat mengurangi resiko terbentuknya material padat di dalam ginjal.

source: aladokter.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2019 - RS Sukmul support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 430 1269