Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami

5 Manfaat Buah Blueberry bagi Kesehatan

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan buah yang satu ini, Ya.. buha Blueberry. Anda akan mendapatkan beberapa manfaat bagi kesehatan setelah mengkonsumsinya secara teratur.

Berikut adalah 5 Manfaat Blueberry bagi Kesehatan:

1. Kaya akan antioksidan

Ancaman terbesar bagi kesehatan warga perkotaan adalah radikal bebas yang merupakan biang kerok kerusakan sel dan penuaan dini. Sumbernya bisa dari diri sendiri akibat stres dan kelelahan, atau dari luar akibat gaya hidup tidak sehat dan polusi lingkungan.

Untuk menangkal radikal bebas ini, tubuh memerlukan antioksidan dalam jumlah yang cukup. Salah satu sumber bahan makanan yang kaya akan antioksidan adalah blueberry. Blueberry mengandung antioksidan jenis antosianin yang mampu menjaga tubuh dari ancaman radikal bebas dan terbukti menurunkan risiko kanker di kemudian hari.

2. Menjaga kestabilan kolesterol darah

Walaupun ukurannya kecil, blueberry ternyata memiliki khasiat besar untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Sebuah studi yang dilakukan pada orang dengan obesitas menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi blueberry setidaknya 50 gr setiap harinya dapat menurunkan hingga 27 persen kadar kolesterol jahat dalam darah atau low density lipoprotein (LDL).

Memperkuat hasil studi tersebut, penelitian lain juga menyatakan bahwa dengan mengonsumsi 75 gr blueberry setiap hari, kadar kolesterol jahat darah atau low density lipoprotein (LDL) mampu diturunkan secara siginfikan.

3. Sumber vitamin C dan serat alami

Blueberry merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan serat. Dalam 150 gram blueberry terkandung setidaknya 4 gram serat yang sangat baik untuk kesehatan saluran cerna.

Tidak hanya serat, dalam satu porsi yang sama, blueberry juga mengandung vitamin C yang kadarnya mencukupi 24 persen dari total kebutuhan vitamin C harian, yang merupakan mikronutrien penting untuk mempertahankan daya tahan tubuh dan menangkal serangan kuman penyebab penyakit.

Selain untuk daya tahan tubuh, vitamin C juga menjadi kunci dalam regenerasi sel, mempertahankan keremajaan kulit dan menunda penuaan dini. Jadi, jika ingin tubuh tetap sehat, segar dan awet muda, blueberry adalah salah satu kuncinya.

4. Menurunkan risiko serangan jantung

Manfaat Buah Blueberry – Salah satu yang menjadi faktor penyebab serangan jantung di kemudian hari adalah tingginya angka kolesterol jahat dalam tubuh.

Seperti yang sebelumnya sudah dijelaskan, faktor risiko yang satu ini telah terbukti dapat diminimalkan dengan konsumsi blueberry secara rutin. Tidak hanya itu, kandungan antioksidan berupa antosianin juga memegang peranan yang tidak kalah penting.

Dalam satu penelitian yang melibatkan 93.600 orang, konsumsi sumber antosianin terbukti mampu menurunkan risiko serangan jantung hingga 32 persen dibandingkan dengan mereka yang jarang mengonsumsinya.

5. Meningkatkan kerja saraf dan menjaga daya ingat

Blueberry mampu menjaga kerja sistem saraf dan mencegah pikun. Dalam salah satu penelitian, konsumsi jus blueberry secara rutin selama 12 minggu terbukti mampu meningkatkan kerja otak dan menurunkan penuaan sel-sel saraf yang menjadi penyebab seseorang mudah lupa ketika usianya menginjak usia tua. Dengan blueberry, pikun akibat penuaan dapat dihindari dengan lebih optimal.

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2022 - RS Sukmul support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 430 1269